Home

/

Blog

/

4 Hal yang Sebaiknya Jangan Disepelekan!

4 Hal yang Sebaiknya Jangan Disepelekan!

image 4 Hal yang Sebaiknya Jangan Disepelekan!

Dalam artikel kali ini, akan membahas hal-hal yang seharusnya jangan disepelekan pebisnis. Sebagai pebisnis, ada banyak aspek yang akan Anda hadapi, mulai dari keuangan, operasional, sampai ke pemasaran. Aspek-aspek tersebut datang bersamaan dengan pilihannya masing-masing.

Berikut 4 hal yang sebaiknya jangan anda sepelekan:

Menggabungkan Rekening Bisnis dengan Rekening Pribadi

Kesalahan ini biasanya dilakukan oleh bisnis yang masih berskala mikro. Menggabungkan rekening bisnis dengan rekening pribadi dapat membuat kerancuan dalam perhitungan keuangan dan berpotensi terpakainya uang bisnis. Jika dilakukan terus-menerus hal ini akan berdampak negatif pada pengembangan bisnis.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan yang Jelas

Perencanaan keuangan sering menjadi sesuatu yang luput dari perhatian pebisnis, apalagi pebisnis yang masih kecil dan pemula. Dengan alasan “bisnisnya masih kecil, untungnya belum seberapa”, perencanaan keuangan dirasa belum perlu dilakukan. Padahal perencanaan keuangan yang tidak jelas bisa menyebabkan progres tidak terukur dan arah bisnisnya menjadi tidak jelas.

Perencanaan keuangan penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Mengantisipasi kemungkinan terburuk
  • Memiliki tolok-ukur kemajuan bisnis
  • Mengetahui alokasi investasi yang sesuai
  • Membantu meraih tujuan jangka panjang

Menghabiskan Laba Usaha

Memang benar laba usaha adalah bagian keuntungan bisnis yang berhak digunakan oleh pemilik. Namun, akan menjadi kekeliruan apabila seluruh keuntungannya dihabiskan yang dapat membuat pertumbuhan bisnis tidak maksimal. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin harus menerapkan “delaying gratification” dan fokus untuk meningkatkan alokasi laba usaha yang lebih besar. Dengan begitu, potensi bisnis Anda scale-up akan menjadi lebih besar.

Pelayanan yang Kurang Baik

Disadari atau tidak, salah satu alasan kuat yang membuat customer melakukan repeat order adalah kualitas pelayanan. Misalnya pada bisnis online, Anda mungkin sering melihat customer yang memberi komentar terkait pelayanan si penjual, mulai dari kecepatan balas pesan, cara membalas, cara memperlakukan customer, dll. Dimana hal tersebut memberi pengaruh yang signifikan pada customer experience. Jika tidak di maintenance dengan baik, besar potensinya pembeli Anda tidak menjadi pelanggan.

Hal tersebut juga belaku di bisnis konvensional, bagaimana pelayanan resto dan kecepatan penyajiaannya akan memberi andil besar terhadap kepuasan pengunjung. Jika quality of product is the king, maka service is the queen.

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator