Home

/

Blog

/

5 Manfaat Quality Control

5 Manfaat Quality Control

image 5 Manfaat Quality Control

Dalam bahasa Indonesia Quality Control (QC) dikenal dengan sebutan kendali mutu. QC merupakan gabungan antara dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu quality dan control. Dikutip dari Investopedia, Quality Control adalah suatu cara yang dilakukan supaya kualitas produk dapat dipertahankan atau ditingkatkan.

QC sering digunakan dalam dunia bisnis. Umumnya, perusahaan atau usaha yang sudah “mapan” cenderung menerapkan QC dengan standar yang lebih tinggi dan ketat terhadap produknya.

Dalam dunia otomotif, QC perlu dilakukan untuk menjaga kualitas spare part yang dihasilkan agar berfungsi sesuai dengan kualitas yang ditentukan dan presisi. Dalam bisnis resto, penerapan QC untuk memastikan rasa makanan tetap sama atau tidak menurun. Sementara untuk franchise, QC sering disandingkan dengan SOP yang ditetapkan franchisor supaya pelayanan dan kualitas produk dari masing-masing gerai yang satu dengan yang lainnya sama.

Manfaat Menerapkan QC

QC menjadi sedemikian penting untuk menjaga kualitas produk. Pertanyaan selanjutnya adalah manfaat apa saja yang didapatkan apabila menerapkan QC dengan baik? Dilansir dari Hkqcc, beberapa manfaat menerapkan QC antara lain:

  1. Kepuasan Konsumen

Seperti pepatah mengatakan, “pembeli adalah raja.” Apabila usaha Anda menerapkan QC dengan baik, maka konsumen akan diuntungkan dan hal tersebut dapat membuat mereka lebih loyal.

  1. Meningkatkan Nama Baik

Konsumen yang selalu puas dengan produk atau pelayanan akan memiliki penilaian yang positif terhadap usaha Anda. Lambat laun, nama baik Anda akan meningkat dan itu adalah hal yang sangat berharga. Dalam ilmu akuntansi, nama baik masuk menjadi intangible asset usaha.

  1. Menurunkan Biaya Produksi

Penerapan QC juga dapat menurunkan biaya produksi, karena Anda yang mendefinisikan sendiri kualitas seperti apa yang hendak dijadikan kualitas produk. Karena proses produksi yang sudah terstandarisasi akan menghasilkan biaya yang lebih efisien dan minim pemborosan.

  1. Pemanfaatan Sumber Daya

Karena telah melakukan pengujian dan standarisasi mutu. Maka, dengan menerapkan QC dapat memastikan bahwa alokasi sumber daya yang digunakan telah maksimal.

  1. Mempertemukan dengan Konsumen yang Tepat

QC dapat membuat konsumen yang memiliki “standar” tertentu bertemu dengan produk Anda. Konsumen yang seperti ini biasanya akan berpotensi menjadi konsumen yang loyal.

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator