Home

/

Blog

/

6 Langkah Financial Freedom Versi Anthony Robbins!

6 Langkah Financial Freedom Versi Anthony Robbins!

image 6 Langkah Financial Freedom Versi Anthony Robbins!

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak perlu bekerja lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan pernyataan tersebut kriteria kondisi financial freedom akan tercapai apabila:

  • Memiliki aset yang menghasilkan pendapatan yang memadai (sesuai dengan yang ditargetkan)
  • Pendapatan dari aset tersebut cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari tanpa harus menurunkan standar hidup
  • Tentu saja, tidak perlu bekerja lagi

That’s sounds too good to be true, kan? Percayalah hal tersebut masih mungkin terjadi. Walaupun, dalam mewujudkannya perlu kesabaran, ketekunan, dan kedisiplinan. Anthony Robbins adalah salah seorang motivator terbaik kelas dunia dan penulis buku best seller, “membocorkan” langkah-langkah untuk mencapainya.  Berikut beberapa langkah yang dibocorkan Anthony Robbins untuk mencapai financial freedom:

1. Buat Target (Nominal)

Bagaimana Anda mendefinisikan financial freedom? Untuk mencapai tujuan, tentu kita harus dapat mendefinisikan tujuan dengan jelas. Dengan mengetahui berapa jumlah yang dibutuhkan untuk mencapai financial freedom akan mempermudah Anda dalam menyusun strategi, investasi, dan berbagai persiapan lainnya. Detailkan target sampai Anda tahu berapa nominal uang yang dibutuhkan dalam sebulan. Dalam penetapan target, perlu dipertimbangkan biaya hidup, pengeluaran tak terduga, dan lain lain supaya tidak ada kekhawatiran yang diakibatkan oleh faktor finansial.

2. Hentikan Ketakutan Tentang Uang

Ketakutan pada aspek finansial dapat memengaruhi siapapun, tak terkecuali orang yang sudah memiliki banyak uang. Meski terlahir dan besar dari keluarga yang tidak kaya (tidak berkecukupan), jangan pernah berpikir Anda tidak akan mencapai financial freedom. Hilangkan pembatas tersebut, serta bebaskan diri dari rasa takut dan kekhawatiran. Sebaliknya, ganti semua itu dengan afirmasi positif seperti:

  • Saya kompeten, sehingga keberlimpahan akan menghampiri
  • Saya pandai memanfaatkan peluang, jadi saya akan cepat sampai pada tahap ini
  • Dan sebagainya

3. Cermati Keuangan

Posisi ini adalah tahap dimana Anda melakukan tracking dan mengidentifikasi keuangan Anda. Apakah ada hutang, cicilan, atau kewajiban lainnya? Jika memang iya, Anda perlu membuat strategi untuk menutup “lubang-lubang” tersebut. Anthony Robbins menyarankan tentang pengalokasian bonus untuk dijadikan solusi, serta menggugunakan metode bola salju untuk menyelesaikannya. Maksudnya bola salju adalah mulai melunasi semua kewajiban dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.

4. Buat Strategi Jangka Pendek

Setelah selesai dengan ember bocor, kini saatnya untuk membangun benteng perlindungan Anda. Mulailah menyiapkan dana darurat dan mulailah menabung. Menurutnya, memiliki dana darurat sampai 6x biaya hidup bulanan bagus untuk kesehatan mental. Hal itu karena, Anda akan lebih berani dalam “meng-iyakan” tantangan-tantangan baru. Terlebih lagi, jika Anda terbuka terhadap tantangan-tantangan baru akan mendatangkan peluang lebih banyak lagi.

5. Buat Mesin

Langkah ini adalah salah satu langkah terpenting yang harus dilakukan, dan boleh jadi menjadi proses paling berat diantara yang lain. Mulai buatlah “mesin” Anda. Mulailah berinvestasi di high income skills dan buat uang Anda bekerja lewat berbagai instrumen investasi.

Selain itu, Anthony Robbins menyarankan untuk membagi keuangan kita ke dalam tiga pos, yaitu:

  • Pos Keamanan: Pos ini berbicara tentang pengeluaran yang Anda tidak bisa hidup jika tidak ada, seperti semua tagihan dan biaya hidup. Jangan lupa untuk menyertakan juga dana darurat pada pos ini.
  • Pos Risiko/Pertumbuhan: Disini adalah tempat uang Anda akan tumbuh, alias investasi. Beberapa pengalokasiannya, seperti portfolio investasi Anda yang memiliki risiko moderat – tinggi.
  • Pos Impian: Pos ini ditujukan untuk bersenang-senang.

6. Evaluasi dan Buat Perubahan

Perhatikan proses-prosesnya, lakukan evaluasi rutin dan ganti alokasi investasi bila return yang diberikan jauh lebih kecil dibanding yang ditargetkan. Usahakan Anda menerapkannya dengan cermat dan konsisten agar dapat tercapai.

Enam langkah di atas adalah langkah-langkah yang diberikan oleh seorang yang berpengaruh di dunia, Anthony Robbins. Hal yang harus dipahami adalah definisi jumlah uang yang harus dimiliki untuk mencapai financial freedom tiap orang sudah pasti berbeda, bergantung pada tujuan, nilai-nilai, dan standar hidup. Dengan mengetahui standar financial freedom versi Anda akan membuatnya lebih berpotensi terwujud.

Walau terdengar kurang praktikal, setidaknya beberapa langkah tersebut akan berguna menjadi referensi untuk menentukan “grand design”  anda menuju financial freedom. Terima kasih telah membaca!

Refferensi

  • Santoso, Edwin. 15 Tips Jitu Mencapai Financial Freedom. (2016). Jakarta: Grasindo.
  • Tony Robbins

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator