Home

/

Blog

/

Berapa Biaya Franchise Alfamart?

Berapa Biaya Franchise Alfamart?

image Berapa Biaya Franchise Alfamart?

Kalau diminta menyebutkan 3 minimarket yang ada di benak Anda, mungkin salah satunya akan keluar nama Alfamart. Alfamart telah menjelma menjadi minimarket favorit masyarakat Indonesia yang sudah memiliki banyak sekali cabang.

Alfamart didirikan oleh Djoko Susanto pada tahun 1989 dan berada dibawah naungan PT Alfaria Trijaya, Tbk. Minimarket ini menjadi pesaing terberat Indomaret dan telah memiliki lebih dari 10.000 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan laporan dari Katadata, yang menyatakan Alfamart telah menduduki peringkat kedua dalam hal jumlah cabang.

Meski telah memiliki begitu banyak cabang, hal tersebut tak membuat Alfamart puas. Alfamart terus menambah jumlah cabangnya termasuk ke mancanegara. Cabang pertamanya di mancanegara terdapat di Manila, Filipina pada tahun 2014. Sampai saat ini Alfamart telah memiliki ratusan cabang di mancanegara.

Harga Franchise Alfamart

Bersumber dari Waralaba Alfamart, setidaknya ada beberapa paket waralaba yang tersedia untuk calon investor yang hendak menjadi franchisee-nya. 

Tipe gerai Alfamart
Source: https://waralaba.alfamart.co.id/

Dari masing-masing keempat paket franchise diatas, di dalamnya sudah termasuk:

  1. Franchise Fee sebesar Rp45 juta untuk 5 tahun
  2. Biaya instalasi listrik
  3. Peralatan gerai dan air conditioner
  4. Cash register dan sistem informasi ritel
  5. Shop sign dan polesign
  6. Perizinan gerai
  7. Promosi dan persiapan pembukaan gerai

Perlu Anda ketahui, bahwa biaya di atas belum termasuk ke dalam sewa lokasi. Yang mana sewa lokasi merupakan salah satu komponen biaya terbesar di dalam pembukaan bisnis. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan mengenai pasaran biaya sewa di tempat Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nilai yang paling mendekati.  Selain itu, ada baiknya untuk Anda menyiapan biaya modal kerja di luar total biaya awal tadi.

Perbandingan Franchise Alfamart vs Indomaret

Tidak lengkap rasanya jika mengetahui biaya franchise Alfamart, namun tidak mengetahui biaya kompetitornya. Berikut adalah beberapa perbandingan Alfamart dan Indomaret dari segi biaya.

Perlu diingat kembali, bahwa biaya di atas belum termasuk sewa lokasi dan modal kerja awal. Jika ditambahkan sewa lokasi dan modal kerja awal sudah pasti lebih besar lagi.

Dengan estimasi dana awal sebesar itu, bagaimana proyeksi keuntungannya? Sayangnya Alfamaret & Indomaret tidak merilis hal tersebut di laman resminya.

Bagaimana Cara Memiliki Franchise Alfamart?

Dilansir dari laman resmi franchise Alfamart, berikut 4 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memiliki Alfamart.

  • Usulan lokasi

Anda bisa melakukan usulan pendaftaran lokasi Alfamart melalui laman www.alfamartku.com.

  • Proposal & persetujuan

Membuat proposal yang mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB, dan proyeksi keuangan.

  • Perjanjian waralaba

Merupakan tahap di mana kedua belah pihak saling menyetujui hak & kewajiban masing-masing. Kedua belah pihak harus melakukan tanda tangan sebelum grand opening dan berbagai persiapan lainnya dilakukan.

  • Grand opening

Setelah terjadi penyetujuan perjanjian waralaba, maka Alfamart Anda sudah bisa diproses dan grand opening bisa segera dilakukan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menjadi bagian dari jaringan minimarket terbesar di Indonesia?

Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mendaftarkan diri di sini dan menyiapkan ajuan lokasi Anda.

Semoga berhasil!

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator