Home

/

Blog

/

Fokus Pada Lebih Sedikit Hal dengan Hasil Maksimal

Fokus Pada Lebih Sedikit Hal dengan Hasil Maksimal

image Fokus Pada Lebih Sedikit Hal dengan Hasil Maksimal

Prinsip Pareto - Dilansir dari Investopedia, prinsip pareto adalah mengenai bagaimana mengidentifikasi aset terbaik yang Anda miliki untuk dapat dipergunakan secara efisien dan menghasilkan output yang maksimal. Tantangan sulit yang harus dihadapi dalam prinsip pareto adalah mengidentifikasi aset yang dimaksud. Oleh karena itu, data-data dan intuisi yang tajam diperlukan dalam analisis pareto.

Highlight

Hal penting tentang prinsip pareto yang harus diingat:

  • Prinsip pareto menyatakan, 80% output dihasilkan dari 20%
  • Dalam prinsip pareto, Anda memprioritaskan 20% faktor yang akan menghasilkan hasil terbaik.
  • Hal penting dalam prinsip pareto adalah mengidentifikasi “aset” input
  • Prinsip pareto adalah ajaran, bukan hukum matematika yang mutlak.
  • Angka yang dimaksud dalam prinsip ini tidak harus selalu 80% dan 20%, bisa saja mendekati, seperti 90% dan 10%, ataupun 70% dan 30%.

Prinsip pareto dapat diadopsi untuk keperluan bisnis. Para eksekutif menggunakan prinsip pareto untuk mempersempit fokus mereka dan mengidentifikasi masalah-masalah yang menyebabkan sebagian besar masalah yang terjadi di departemen atau perusahaan mereka.

Penerapan Prinsip Pareto dalam Bisnis Restoran

Dalam implementasi sederhana, prinsip pareto dapat digunakan untuk melakukan penyaringan terhadap menu di sebuah restoran. Dengan mengetahui data masing-masing item menu secara akurat, prinsip pareto dapat dipergunakan untuk memilah menu yang menghasilkan penjualan minim dan menambah beban karena bahan bakunya basi atau busuk. Kemudian, pengelola dapat lebih fokus meningkatkan kualitas dan kuantitas menu yang memiliki penjualan terbaik.

Hal tersebut yang dilakukan restoran McDonald’s pada awal berdirinya. McDonald’s mengurangi menu dengan penjualan paling kecil diantara semua menu, sehingga MC Donald’s dapat fokus pada menu dengan penjualan terbaik, yaitu hamburger, kentang goreng, dan minuman.

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator