Home

/

Blog

/

Franchise Consultant, Packager, atau Broker

Franchise Consultant, Packager, atau Broker

image Franchise Consultant, Packager, atau Broker

 

Ada 3 perbedaan mendasar dari 3 peran berikut ini. Saat ini mungkin mereka semua Anda kenal sebagai "Franchise Consultant"

Franchise Consultant

Konsultan franchise menjelaskan bagaimana seharusnya franchise (dan kemitraan) dijalankan, menjelaskan rambu-rambu mengenai kriteria atau parameter kesiapan bisnis Anda dalam menawarkan franchise atau kemitraan. Konsultan franchise juga membantu mengarahkan Anda untuk menjadikan bisnis Anda memenuhi parameter atau mencapai kriteria tersebut. Tugasnya mengidentifikasi hal-hal yang perlu diantisipasi, meminimalkan kekeliruan dan konflik dengan franchisee/mitra.

Franchise Broker

Broker franchise membantu Anda menjual franchise dan/atau kemitraan. Idealnya franchise broker menjual franchise/kemitraan yang memenuhi persyaratan atau parameter kesiapan tersebut di atas. Tapi bisa saja franchise broker menawarkan franchise/kemitraan yang belum memenuhi kriteria sebagai franchise/kemitraan yang siap atau layak. Misinya hanya berjualan, alias mencarikan investor.

Franchise Packager

Franchise packager berperan untuk membantu membuat bisnis Anda "bisa" dan "menarik" untuk ditawarkan sebagai waralaba atau kemitraan. Berbeda dengan peran franchise consultant, "bisa" di sini bukan berarti benar-benar memenuhi kriteria kesiapan/kelayakan untuk menawarkan waralaba atau kemitraan. Seringkali target penjualan yang ditampilkan dalam simulasi merupakan hasil simulasi, bukan kinerja historis. Misi dari franchise packager adalah menghasilkan suatu paket penawaran yang "menarik" ... semua klien dianggap memenuhi syarat untuk menawarkan waralaba/kemitraan.

Franchising bukan sekedar menawarkan bisnis yang kemasannya menarik. Penawaran franchise memang perlu (1) kemasan yang menarik, tapi harus disertai dengan (2) akumulasi pengalaman yang berharga dalam menjalankan bisnis, termasuk keluar dari keadaan yang sulit, dan (3) tim yang kompeten dalam memberikan support operasional kepada franchisee.

Akumulasi pengalaman dan kompetensi tim tersebut diharapkan menjadi faktor pendukung untuk mewujudkan peluang sukses bisnis tersebut di lokasi yang diajukan oleh franchisee.

 

Tags:

Share:

image writer

Utomo Njoto

Senior Franchise Consultant

FT Consulting

Email: utomo.ft@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator