Klikfranchise

Klikfranchise.com - Tempat


Wajib Tahu, 5 Jenis Outlet


Terdapat 5 jenis outlet yang wajib Anda ketahui

Bila Anda membangun bisnis yang mengandalkan banyak outlet alias jaringan outlet, mungkin anda perlu memahami 5 macam outlet berikut ini.

 

1. Pilot Outlet

Pilot outlet adalah gerai yang pertama kali berdiri. Biasanya gerai ini merupakan prototype pertama sebagai perwujudan dari ide bisnis Anda. Pilot outlet biasanya memiliki keunikan yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam mengungkap kisah sejarah bisnis Anda.

Bisnis roti bakar dengan merek Yakun Kaya Toast di Singapura misalnya, dalam beberapa publikasinya menampilkan foto outlet pertamanya yang tradisional, dengan kakek pendiri yang membakar sendiri roti bakarnya.

Outlet pertama Bebek Goreng pak Ndut di Kartosuryo misalnya, saat awal franchising mempertahankan layanan tradisional dan tidak mengikuti SOP yang menyajikan layanan yang terkesan formal. Design-nya juga tetap dipertahankan, analoginya adalah wilayah cagar budaya yang tetap menampilkan beberapa aspek orisinal.

 

2. Model Outlet

Model outlet dikenal juga sebagai prototype outlet. Meski demikian, ini bisa berbeda dengan prototype pertama. Disebut model outlet karena outlet ini merupakan acuan dalam menduplikasi outlet yang hendak dibangun di kemudian hari. Model outlet bisa terdiri dari beberapa model, biasanya terkait luas area ruang usaha atau gerainya. Misal model 1 ruko, model 2 ruko, model 3 ruko.

 

3. Flagship Outlet

Gerai Flagship adalah gerai yang lokasinya sangat strategis, banyak dilihat orang, biasanya di lokasi-lokasi sebagai berikut:

  • Di lokasi non-tradisional: bandara, stasiun kereta api, lokasi wisata
  • Ruko di jalan raya utama, atau jalan protokol
  • Di dalam mall, di titik lokasi yang strategis

Selain high traffic, gerai flagship biasanya juga highly visibile alias mudah terlihat oleh orang-orang yang lalu-lalang di sekitarnya. Gerai flagship harus mempertimbangkan pula profil target pasarnya. Traffic tinggi sebaiknya mayoritas merupakan target pasarnya.

Gerai flagship sebaiknya bukan milik franchisee. Karena faktor lokasi yang bagus, biasanya terlalu mahal harga sewanya sehingga gerai ini mengalami kerugian. Namun karena lokasinya yang strategis, asalkan tidak terlalu sepi, franchisor dapat menganggap keterlambatan pengembalian modal (bahkan kerugian) ini sebagai biaya promosi.

 

4. Trial Outlet

Ketika akan meluncurkan produk baru, sangat disarankan agar produk itu tidak langsung tersedia di semua outlet. Franchisor sebaiknya memilih satu atau beberapa outlet yang memenuhi kriteria yang cocok untuk mengukur acceptance dari target market terhadap produk baru Anda.

 

5. Special Outlet

Yang dimaksud dengan special outlet adalah outlet yang mendapat perlakuan istimewa dan tidak mengikuti standar design yang menjadi identitas merek Anda. McD misalnya, sekitar tahun 1997, ketika  standar design-nya masih dominan merah dan kuning, memiliki outlet yang sangat berbeda. Outlet ini bernuansa hijau, dengan ornamen bunga-bunga. Yang berwarna merah kuning hanya logo McD.

Semoga pemahaman mengenai 5 jenis outlet ini dapat memperkaya strategi pengembangan jaringan gerai Anda.