Home

/

Blog

/

5 Tips Memperkecil Biaya Pada Bisnis Restoran!

5 Tips Memperkecil Biaya Pada Bisnis Restoran!

image 5 Tips Memperkecil Biaya Pada Bisnis Restoran!

Tips Memperkecil Biaya - Setidaknya terdapat dua cara untuk meningkatkan laba bersih (keuntungan) pada bisnis restoran. Bisa dilakukan dengan memperbesar pendapatan ataupun memperkecil biaya. Meningkatkan pendapatan berarti meningkatkan penjualan ataupun menaikan harga jual pada menu. Namun, hal tersebut akan sulit dilakukan pada bulan-bulan tertentu yang memang penjualan sedang merosot. Oleh sebab itu, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memperkecil biaya.

Memperkecil biaya dapat dilakukan dengan memperkecil biaya operasional ataupun memperkecil biaya bahan baku menu. Dengan memperkecil biaya, apabila pendapatan restorannya tetap, maka keuntungannya akan meningkat. Cara ini telah banyak dilakukan oleh pelaku usaha di bidang restoran. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperkecil biaya pada bisnis restoran:

1. Pencatatan Inventaris Bahan Baku

Hal ini penting untuk dilakukan supaya bahan baku yang dipesan sudah sesuai dan secukupnya. Sehingga bahan baku yang basi dapat diminimalisasi dan membuat biaya bahan baku mengecil. Lakukanlah pencatatan secara rutin dan akurat supaya ketika ada keputusan penting terkait bahan baku harus dilakukan, datanya sudah lengkap.

2. Lacak Harga Bahan Baku

Melacak harga bahan baku menu penting dilakukan untuk mengetahui menu mana yang sebaiknya dilakukan pengurangan stok dan menu mana yang seharusnya ditingkatkan. Dengan melacak harga bahan baku, dapat membuat Anda siap dengan alternatif pengganti ketika salah satu harga bahan baku melonjak naik. Anda juga dapat meningkatkan stok ketika harga bahan baku tersebut turun.

3. Networking Sesama Pebisnis Kuliner

Networking yang dilakukan ke sesama pebisnis kuliner dapat bermanfaat sebagai media sharing informasi masing-masing pebisnis. Dengan demikian, peluang untuk menemukan vendor kebutuhan restoran yang lebih terjangkau akan lebih besar.

4. Usahakan Buat Sendiri

Jika memungkinkan untuk membuat sendiri bahan baku yang dibutuhkan, Anda dapat melakukannya. Pastikan sebelum melakukannya, Anda sudah memperhitungkan biaya waktu, biaya tenaga kerja, dan biaya kesempatan.

5. Ubah Menu

Evaluasi menu yang ada di restoran untuk disesuaikan dengan minat pembeli. Kemudian, berfokuslah pada menu dengan penjualan terbaik dan memiliki bahan baku yang mayoritas sama. Anda juga bisa menghapus atau mengurangi menu yang menghasilkan penjualan paling minim dengan bahan baku paling cepat membusuk. Ingat Prinsip Pareto!

Referensi

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator