Home

/

Blog

/

Strategi Referral Marketing

Strategi Referral Marketing

image Strategi Referral Marketing

Strategi Referral Marketing - Terdapat banyak strategi marketing yang dapat digunakan, satu yang terbukti efektif adalah Strategi Referral Marketing.

Dari konsumen Anda sebelumnya, mungkin Anda memiliki database kenalan mereka untuk Anda hubungi dan tawari produk Anda. Tetapi pertanyaannya, apakah mereka bersedia untuk Anda hubungi dan merasa nyaman? Lebih dari itu, apakah mereka akan percaya?

Referral marketing memiliki asal kata referensi. Menurut Bradley J. Sugars dalam bukunya Instant Referrals, referral marketing adalah rujukan calon pelanggan yang Anda dapat dari teman atau kenalan Anda. Jadi, walaupun calon pelanggan tersebut belum mengenal Anda sebagai pemilik bisnis, mereka tetap dapat percaya. Ini menjadikan referral marketing sangat berguna untuk Anda dalam mendapatkan pelanggan baru.

Mengutip Id.Oberlo.com, Tidak ada strategi marketing yang lebih baik dari strategi referral marketing. Hal ini karena strategi referral marketing merupakan kondisi win-win solution dari tiga pihak:

  • Anda mendapat keuntungan karena usaha Anda dipasarkan,
  • Pelanggan Anda mendapatkan validasi sosial karena merekomendasikan sesuatu yang bernilai,
  • Dan kenalannya mendapatkan rekomendasi dari sumber yang terpercaya.

Mayoritas pelaku usaha menggunakan referral marketing karena memiliki banyak kelebihan. Dilansir dari Socialmediatoday.com, berikut adalah 4 alasan mengapa strategi referral marketing itu penting:

1. Kualitas Leads

Leads adalah calon pembeli atau orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda.

Berbeda tipis dengan leads dari pameran dagang dan special events sebagai pemasukan utama marketer, sebagian besar marketer setuju bahwa kualitas leads dari referral marketing adalah yang paling efektif kedua.

Sekitar 78% B2B Marketers menyatakan, leads yang didapat melalui referral memiliki potensi pembelian yang tinggi. Hal tersebut karena leads mendapatkan referensi dari orang yang mereka sudah kenal. Namun, yang perlu diingat, mendapatkan leads barulah setengah perjalanan.

2. Meningkatkan Jumlah Leads

Kemudian, 60% marketers mengatakan referral marketing menghasilkan volume leads yang lebih banyak. Referral marketing yang baik akan membuatnya bekerja untuk Anda.

3. Biaya Per Leads yang Lebih Murah

54% Marketers mengatakan referral marketing memiliki biaya per leads yang lebih murah. Hal tersebut tentu menguntungkan, karena dengan biaya marketing yang lebih kecil akan menghasilkan ROI yang lebih tinggi pada usaha Anda.

4. Semua Orang Menggunakannya

Setiap jenis bisnis menerapkan referral marketing bukan karena tren, tetapi karena referral marketing memang terbukti efektif dan menambahkan saluran pertumbuhan ke bisnis Anda yang dapat menambahkan sumber pendapatan baru ke dalam bisnis Anda, strategi referral marketing bekerja untuk Anda.

**Mengenai tips referral marketing dapat Anda baca di sini

Referensi

  • Id.oberlo.com
  • Socialmediatoday.com
  • Sugars, Bradley J. Instant Referrals. (2013). Jakarta: Kesaint Blanc.

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator