Home

/

Blog

/

Menghitung HPP atau COGS

Menghitung HPP atau COGS

image Menghitung HPP atau COGS

Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah harga modal dari produk-produk yang terjual, oleh karena itu disebut juga Cost of Goods Sold (COGS). Untuk bisnis jasa biasanya istilah COGS berubah menjadi Cost of Sales (COS).

Bagi pengusaha yang sudah memahami cara melakukan stok opname dengan rutin dan benar, maka rumusnya adalah sebagai berikut: Stok Awal + Tambahan Stok - Stok Akhir.

Kadang ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi, misal retur penjualan dan retur pembelian. Tentu saja retur penjualan dapat dianggap sebagai tambahan stok, dan retur pembelian adalah pengurangan stok.

Bagaimana bila belum punya jadwal rutin stok opname?

Meski tidak sempurna, bisa saja digunakan metode alternatif, yaitu menghitung langsung harga modal produk terjual ditambah dengan persentase tertentu sebagai alokasi kejadian barang rusak, dan barang hilang.

Menghitung langsung harga modal produk terjual pada bisnis kuliner dapat dilakukan dengan melihat resepnya, dengan memperhatikan faktor LIP (Loss In Process). Contoh kejadian LIP misalnya masakan ayam yang boneless (tanpa tulang), tapi belinya ayam utuh. Dalam prosesnya tentu berat tulang akan menjadi komponen LIP.

Barang Hilang dan Barang Rusak

Sering terjadi penjualan tercatat 10 item tapi stok berkurang 12 item. Selain kemungkinan berpindah tempat atau posisi di gudang, faktor penyebab lainnya adalah hilang atau rusak. Dalam hal ini sangat penting untuk memiliki Pedoman Operasional yang mengingatkan bahwa barang rusak tidak boleh disingkirkan tanpa catatan Berita Acara yang dilengkapi dengan kehadiran dan tandatangan saksi.

Dalam bisnis kuliner, bila Nilai HPP berdasarkan perhitungan stok ternyata lebih besar dari nilai HPP berdasarkan resep, maka patut diduga ada barang rusak, atau barang hilang. 

 

Related Articles
Total Kebutuhan Modal Usaha
Biaya Modal Kerja
Biaya Operasional, Apa Saja?
Jangka Waktu Balik Modal ("BEP")

Tags:

Share:

image writer

Utomo Njoto

Senior Franchise Consultant

FT Consulting

Email: utomo.ft@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator