Home

/

Blog

/

4 Tips Grand Opening yang Sukses

4 Tips Grand Opening yang Sukses

image 4 Tips Grand Opening yang Sukses

Grand Opening - Biasanya pemilik bisnis sebelum membuka usaha baru ataupun membuka usaha di lokasi yang baru melakukan grand opening.

Grand opening atau pembukaan perdana adalah pengumuman bahwa sebuah bisnis baru telah resmi untuk dibuka secara umum dan dapat dinikmati oleh publik. Sementara itu, sebelum melakukan grand opening umumnya dilakukan soft opening terlebih dahulu. Adapun tujuan diadakannya soft opening untuk memperkenalkan bisnis kepada orang-orang tertentu dan mendapat masukan tentang bisnis yang akan dijalankan.

Dalam bisnis restoran sangat perlu untuk dilakukan grand opening. Berikut beberapa manfaat melakukan grand opening untuk bisnis restoran:

  • Mengenalkan konsep restoran
  • Menarik pelanggan baru
  • Menarik perhatian media
  • Mendapat publikasi
  • Memicu rasa penasaran
  • Menjalin hubungan baik dengan bisnis lain

Masih banyak lagi manfaat grand opening, namun utamanya adalah untuk meningkatkan awareness. Selain itu, melakukan grand opening juga tidak menjadi jaminan bahwa suatu bisnis akan berhasil. Akan tetapi, dengan diadakannya grand opening akan memberi peluang lebih kepada bisnis untuk berhasil.

Grand opening dapat menjadi “batu loncatan” bagi restoran untuk menaikan traffic. Perlu ada kiat-kiat yang dilakukan supaya grand opening dapat sukses, sehingga akan mengundang ketertarikan konsumen untuk datang lagi. Berikut 4 tips yang bisa Anda terapkan untuk grand opening yang sukses:

 

Buat Grand Opening dalam Jangka Waktu Seminggu

Panjangnya waktu grand opening akan memberi dampak yang lebih besar, membuat banyak orang disekitar lebih memiliki banyak waktu untuk mengunjungi grand opening Anda. Selain itu, dengan membuat grand opening yang lebih panjang juga dapat meningkatkan hype dan bisa memperkenalkan restoran dengan lebih menyeluruh. Anda dapat menggunakan tema yang berbeda setiap hari selama seminggu ataupun membuat sesuatu yang berbeda di setiap harinya.

 

Undang Komunitas

Undang komunitas, terutama yang berada dekat dengan lokasi restoran (komunitas lokal). Karena, nantinya komunitas tersebut akan berpotensi menjadi pelanggan. Anda bisa mengundang secara langsung ataupun melalui sebaran brosur. Selain mengundang komunitas lokal, sebaiknya Anda juga mengundang bisnis di sekitar. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik dengan lingkungan dan mendapat citra yang positif.

 

Berikan “Perbedaan” Pada Grand Opening

Grand opening adalah hari yang istimewa dalam sejarah restoran Anda. Pastikan terdapat sesuatu yang berbeda dalam grand opening Anda. Misalnya dengan mengadakan pertunjukan musik, DJ, atau membukanya dengan pentas tarian tradisional. Apapun itu, buat suatu perbedaan yang positif.

 

Tawarkan Insentif Gratis atau Diskon

Ini merupakan hal yang lumrah dan seringkali dilakukan dalam grand opening. Dengan memberikan insentif seperti minuman gratis atau diskon yang menggiurkan dapat memberi dorongan pada pengunjung untuk mencoba berbagai macam menu yang ada.

 

Referensi

___________________________________________________________________________________________________________________________

ALERT!
Baca artikel berkualitas lainnya dari KLIKFRANCHISE:

Tags:

Share:

image writer

Muhammad Rizki Achirlita

Admin

PT Klikfranchise Ekosistem Waralaba

Email: muh.rizkiachirlita@gmail.com

Popular Post

Loading...Loading...Loading...Loading...
kalkulator